Pemilu di Selandia Baru Jadwal Pemilu 2014 Jadwal Sosialisasi Pemilu Tahapan Pemilu Panitia Pemilu Selandia Baru
Cara Pencobolosan yang Sah Pemungutan Suara lewat Pos Pemungutan Suara di TPS
Per KPU No 20/2014 - Pemungutan Suara LN Pilpres Per KPU No 9/2014 - Penyusunan DPLN Pilpres Per KPU No 28/2013 - Pemungutan Suara LN Per KPU No 04/2013 - Tata Kerja PPLN Per KPU No 07/2013 - Tahapan Pemilu Per KPU No 10/2013 - Penyusunan DPLN Per KPU No 12/2013 - Perubahan no 04 thn 2013
Daftar Caleg Tetap (DCT) DCT DKI Jakarta II Profile lengkap DCT
Visi, Misi dan Program Website Profil Prabowo Profil Hatta
Visi, Misi dan Program Website Profil Jokowi Profil JK
Pemutakhiran Data Pemilih Daftar Pemilih Tetap Rekap Proses Pemutakhiran Data
Komisi Pemilihan Umum KBRI Wellington Diaspora Memilih Pemilu di Belanda Pemilu di Australia Pemilu di Malaysia
KTP & Paspor bisa digunakan

Pemilihan Umum (Pemilu) Indonesia 2014 di Selandia Baru

Cetak   Email ke teman   Share
Assallamu'alaikum wr.wb dan Salam Sejahtera

Sebagai orang Indonesia yang tinggal di luar negeri kerap kali harkat dan martabat bangsa dan negara selalu menjadi hal terdepan karena kadang-kadang hal ini menjadi kesan pertama orang lain terhadap kita ketika mereka bertanya dari mana kita berasal. Namun demikian, kita akan selalu bangga menjadi orang yang berasal dari Indonesia jika Indonesia itu sendiri adalah suatu bangsa dan negara yang besar, maju dan bermartabat yang dikelola oleh orang-orang yang bersih dan berkualitas. Dalam proses demokrasi yang sempurna, suara andalah yang menentukan orang-orang ini melalui pemungutan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu).

Pemilu 2014 untuk anggota Legislatif DPR 2014-2019 (Pileg) akan diselenggarakan pada hari Rabu, 9 April 2014 dan untuk Presiden & Wakil Presiden 2014-2019 (Pilpres) akan ditentukan waktunya kemudian (kira-kira sekitar Juli 2014).

Pemilu 2014 di Selandia Baru dilaksanakan dengan dua jenis penyelenggaraan:
(1) Pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS KBRI Wellington), dan
(2) Pemungutan suara yang dikirim melalui Pos (NZ Post).

Pemungutan suara di TPS untuk sementara direncanakan hanya dilaksanakan di KBRI Wellington dan pemungutan suara utama dilakukan melalui pos. Namun demikian, siapa saja dari kota lain diperbolehkan untuk datang ke TPS KBRI Wellington terbuka untuk menggunakan hak suaranya.

Jumlah suara yang sah dalam Pemilu 2014 di Selbar akan dimasukkan ke dalam Daerah Pemilihan DKI Jakarta-II yang meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan suara Luar Negeri. Alokasi kursi DPR untuk DKI Jakarta-II adalah 7 kursi.

Panitia Pemilihan Luar Negeri Wellington (PPLN Wellington) dilantik 14 Juni 2014 berdasarkan Surat Keputusan Ketua Komisi Pemilu Umum (KPU). Hubungan PPLN Wellington dengan KPU Pusat adalah melalui Kelompok Kerja Pemilihan Luar Negeri di Kementerian Luar Negeri (Pokja PLN Kemlu) dan KBRI Wellington. Pada dasarnya, PPLN Wellington adalah panitia independen dari pemerintah incumbent yang bertanggung jawab langsung kepada KPU Pusat.

PPLN Wellington <<< KBRI Wellington <<< Pokja PLN Kemlu <<< KPU Pusat

PPLN akan membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) untuk menangani pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara yang diselenggarakan di TPS KBRI Wellington.

Terima kasih atas perhatiannya.

Salam Pemilu

PPLN Wellington - Selandia Baru
hubungi kami >>>


(/jml)